Si mungil makanan manis berasal dari Jepang

Kue mochi, apasi kue mochi itu?

Kue mochi merupakan cemilan khas Jepang bercitarasa manis dan tekstur yang lembut. Bagi penggemar cemilan khas Jepang, pasti tidak akan melewatkan makanan bertekstur kenyal seperti mochi, cemilan ini sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Mochi menggunakan beras sebagai bahan dasarnya, beras ketan ditumbuk sampai lembut, setelah itu baru dibentuk menjadi bulat dan diberi rasa kacang.

Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Apasih mochitsuki itu? 

Mochitsuki adalah perayaan tahun baru yang dimeriahkan dengan mengundang para pembuat mochi untuk menunjukkan atraksi proses pembuatan mochi secara tradisional.



Untuk perayaan tahun baru, mochitsuki dapat dilakukan oleh keluarga ataupun dengan masyarakat di lingkungan sekitar. Biasanya acara ini dimulai malam sebelumnya. Beras dicuci untuk direndam selama 1 malam untuk keesokan paginya beras ditempatkan ke dalam wadah yang terbuat dari kayu, batu, atau beton. Ada beberapa orang yang terlibat dalam aksi ini, satu orang mengayunkan palu kayu, atau kine, untuk memukul beras dan masing-masing memukul palunya secara bergantian.

Mochi memiliki sejarah dan asal usul yang cukup panjang dan rumit. Kue beras yang satu ini memang terkenal berasal dari Jepang. Namun, mochi yang kita kenal di Indonesia, bukan merupakan bawaan dari Jepang, melainkan makanan tradisional khas Jawa Barat yang berasal dari Kerajaan Sunda pada zaman dahulu.

Mochi di Indonesia menjadi makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat, tepatnya dari daerah Sukabumi. Mochi di Indonesia memiliki karakteristik yang kurang lebih sama seperti mochi di Jepang, mulai dari proses pembuatannya dan bahan pembuatannya yang sama. Mochi di Indonesia memiliki isian dengan cita rasa klasik yaitu adonan kacang tanah. Perpaduan tekstur mochi yang lembut dengan rasa gurih kacang memang sangat nikmat sekali.

Komentar